Kebijakan pendidikan Norwegia berakar pada prinsip kesamaan hak
terhadap pendidikan bagi semua anggota masyarakat, tanpa memperhitungkan latar
belakang sosial dan budaya atau tempat tinggal.
Merupakan peranan sekolah untuk menyampaikan pengetahuan dan
budaya, serta memajukan mobilitas sosial dan memberikan dasar penciptaan
kesejahteraan bagi semua pihak. Kegiatan
mengajar di sekolah Norwegia diadaptasikan dengan kemampuan dan keahlian
masing-masing siswa. Pendidikan khusus tersedia bagi penyandang catat tubuh
atau mereka yang membutuhkan perhatian khusus, yang jika tidak dipenuhi maka
tidak mampu berpartisipasi dalam kegiatan mengajar sekolah umum. Sebagai akibat dari meningkatnya
imigrasi, maka jumlah siswa yang memiliki bahasa minoritas juga bertambah.
Kebijakan pendidikan Norwegia mengatur perhatian bagi kebutuhan khusus akan
siswa dengan latar belakang bahasa minoritas, sehingga mereka dapat
menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas dengan baik dan melanjutkan ke
perguruan tinggi serta kemudian bekerja.
Storting (majelis nasional Norwegia)
dan Pemerintah bertanggung jawab menentukan tujuan dan menetapkan kerangka
kerja anggaran untuk sektor pendidikan. Menteri Pendidikan dan
Penelitian merupakan agen administratif yang bertanggung jawab terhadap hal-hal
pendidikan, dan menerapkan kebijakan pendidikan nasional. Norwegia memiliki sistem sekolah yang seragam
dan berdasarkan pada standar umum. Kurikulum nasional telah
diperkenalkan untuk memastikan bahwa standar pendidikan pemerintah dipenuhi.
Pendidikan
wajib di Norway
adalah 10 tahun, terdiri dari primary, lower secondary dan upper secondary.
Pejabat pendidikan di tingkat daerah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa
sekolah yang layak dapat diakses oleh anak, kaum muda dan dewasa di semua
kotamadya dan daerah. Kotamadya bertanggunga jawab menjalankan primary dan
lower secondary, sementara upper secondary dikelola oleh tingkat daerah.
Sektor pendidikan tinggi terdiri
dari program pendidikan di universitas dan akademi. Biaya mengikuti program ini
umumnya tergantung pada penyelesaian tiga tahun pendidikan upper secondary.
Dengan pengecualian pada beberapa institusi yang dijalankan swasta, semua
institusi pendidikan tinggi dikelola oleh Negara. Namun, tiap institusi
memiliki otonomi akademis dan administratif.
Pendidikan umum di Norwegia tidak
dikenakan biaya hingga dan termasuk tingkat upper secondary. Biaya pendidikan
tinggi di semua institusi Negara umumnya tidak mahal. Bantuan Pinjaman
Pendidikan Negara didirikan pada tahun 1947, dan memberikan pinjaman pada siswa
dan bantuan untuk biaya hidup bagi mereka yang mengikuti program pendidikan
tinggi. Bantuan juga diberikan pada siswa Norwegia yang ingin melanjutkan
sebagian kegiatan belajarnya di luar negeri.
Sekolah
swasta memberikan sistem tambahan dari sistem sekolah umum. Direktorat
Pendidikan mengawasi sekolah menengah dan lanjutan sesuai kriteria yang telah
ditetapkan. Program akademis di sekolah swasta harus memenuhi persyaratan yang
ditetapkan dalam peraturan terkait. Sekolah swasta yang telah diotorisasi
berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.
0 komentar:
Posting Komentar